Tautan-tautan Akses

Gitaris Flamenco Spanyol, Paco de Lucia, Tutup Usia


Gitaris Spanyol Paco de Lucia saat tampil di panggung Stravinski Hall dalam Montreux Jazz Festival ke- 35th di Montreux, Swiss (Foto: dok).

Gitaris Spanyol Paco de Lucia saat tampil di panggung Stravinski Hall dalam Montreux Jazz Festival ke- 35th di Montreux, Swiss (Foto: dok).

Gitaris Spanyol Paco de Lucia yang menggabungkan musik flamenco dengan jazz dan berbagai genre musik lain yang menawan hati fans generasi baru, meninggal dunia pada usia 66.

Pejabat pemerintah di tempat asal de Lucia, kota Algeciras, Spanyol mengatakan gitaris Paco de Lucia yang menggabungkan musik flamenco negaranya dengan jazz dan berbagai genre musik lain, meninggal dunia pada usia 66, tampaknya akibat serangan jantung.

Paco de Lucia meninggal dunia, Selasa (25/2), setelah jatuh sakit di pantai ketika bersama keluarganya di Cancun, Meksiko. Kota Algeciras menetapkan masa berduka cita resmi selama beberapa hari untuk mengenangnya.

De Lucia memulai karirnya ketika masih remaja tahun 1960’an ketika ia membentuk duet populer dengan mendiang penyanyi flamenco Camaron de la Isla, pasangan yang meluncurkan gerakan New Flamenco. Ia kemudian bergabung dengan pemain gitar jazz Amerika John McLaughlin and Al di Meola dan menghasilkan album terlaris tahun 1981 berjudul "Friday Night in San Francisco."

De Lucia mendapat penghargaan prestigius negaranya, Hadiah Asturias For The Art tahun 2004.
XS
SM
MD
LG