Tautan-tautan Akses

Gitar Buatan Paul Reed Smith Disukai Para Pemusik Ternama


Paul Reed Smith dengan salah satu gitar buatannya.

Paul Reed Smith dengan salah satu gitar buatannya.

Sejak awal 1980-an sampai saat ini gitar karya Paul Reed Smith dianggap salah satu yang terhalus buatannya, sehingga disukai banyak pemusik ternama.

Pemain gitar Amerika Latin, Carlos Santana dan pemusik jazz Al Di Meola, memainkan dua gaya musik yang berbeda. Namun, keduanya punya suatu persamaan, yaitu menyukai gitar buatan Paul Reed Smith.

Paul Reed Smith, si pembuat gitar mengatakan, "Saya mulai membuat gitar di bengkel kayu SMA saya, di kamar tidur saudara laki-laki saya dan di kamar saya. Saya menyewa peralatannyaā€¯.

Tidak demikian halnya sekarang. Kini, gitar-gitar buatan Paul Reed Smith atau di singkat PRS dibuat di sebuah pabrik di pesisir timur negara bagian Maryland.

Perusahaan dengan 260 pegawai itu membuat 13.000 gitar di Amerika. Dua puluh lima ribu gitar lainnya dibuat di Korea Selatan dengan harga lebih murah. Paul Smith meraup hasil penjualan sebesar 40 juta dolar tahun lalu.

Sejak didirikan tahun 1985, perusahaannya berhasil meraih pangsa pasar khusus dalam industri alat musik. Tetapi, kalau ditanya tentang filsafat bisnisnya, jawaban Smith sederhana, dia hanya mencoba membuat gitar terbaik sebagus mungkin.

"Kami ditanyai mengapa gitar buatan kami berbeda dan saya punya kesimpulan bahwa membuat gitar sangat rumit, perlu perhatian khusus untuk detil-detilnya," ujarnya.

Detil itu paling jelas terlihat dalam pembuatan gitar pesanan pribadi atau Private Stock, yang sering dinilai sebagai gabungan dari sebuah karya seni dan alat musik.

Direktur perusahaan PRS, Jack Higginbotham mengatakan, membuat gitar bermutu ini, dimulai dari memilih kayu yang bagus. PRS membeli kayu khusus untuk gitar ini dari seluruh dunia, dan gitar-gitarnya terkenal karena lapisan kayu maple yang bergelombang mulus.

Higginbotham mengatakan proses pengolahannya juga sangat penting. Kayu itu dikeringkan secara perlahan di ruang khusus. Gitar dibentuk dengan mesin bubut yang dikendalikan komputer serta dengan ketelitian mencapai seperseribu millimeter. Semua lempengan diamplas, dicat, dan divernis. Bagian leher gitar dikerjakan dengan tangan. Rata-rata diperlukan waktu 6 minggu untuk membuat satu gitar. Smith mengatakan perusahaannya mengutamakan kesempurnaan.

Harga gitar PRS berkisar dari 600 dolar hingga puluhan ribu dolar untuk gitar pesanan khusus atau private stock.

XS
SM
MD
LG