Tautan-tautan Akses

Gingrich akan Mundur dari Persaingan Capres Partai Republik


Mantan Ketua DPR AS, Newt Gingrich akan mengundurkan diri dari kontes capres Partai Republik (foto: dok).

Mantan Ketua DPR AS, Newt Gingrich akan mengundurkan diri dari kontes capres Partai Republik (foto: dok).

Newt Gingrich bakal calon presiden dari Partai Republik telah memberitahu pendukungnya bahwa ia akan mundur dari pencalonan itu sehari sebelum ia membuat pengumuman resmi.

Mantan Ketua DPR AS, Newt Gingrich memasang video pada situs webnya hari Selasa untuk menyatakan terimakasih kepada sekitar 180 ribu orang yang menyumbang pada kampanyenya dan kepada hampir 2,5 juta orang yang memilihnya dalam berbagai kontes pencalonan presiden Partai Republik.

Tanpa menyebut Mitt Romney, yang kemungkinan besar menjadi calon dari Partai Republik, Gingrich mengatakan Amerika masih menghadapi “krisis luar biasa” dan mengatakan terpilihnya kembali Presiden Barack Obama dari partai Demokrat akan menjadi “bencana”.

Gingrich memenangkan dua pemilihan pendahuluan dalam kampanye di negara bagian asalnya Georgia dan di South Carolina negara bagian yang bertetangga. Ia tertinggal jauh di belakang Romney dan Rick Santorum dalam berbagai jajak pendapat, hanya unggul dari kandidat libertarian Ron Paul.

Juru bicara Gingrich pekan lalu mengisyaratkan bahwa Gingrich akan mundur dari pencalonan setelah Romney menang di kelima negara bagian yang mengadakan pemilu pendahuluan 24 April.

Santorum mundur dari pencalonan bulan lalu. Paul masih mencalonkan diri meskipun ia tidak mungkin memenangkan delegasi secukupnya untuk menjadi calon partai Republik pada pemilu presiden bulan November mendatang.
XS
SM
MD
LG