Tautan-tautan Akses

AS

Gingrich akan Akhiri Kampanyenya Pekan Depan


Bakal calon presiden Partai Republik Newt Gingrich berbicara di sebuah acara kampanye di Columbus, Ohio (7/2) (AP).

Bakal calon presiden Partai Republik Newt Gingrich berbicara di sebuah acara kampanye di Columbus, Ohio (7/2) (AP).

Seorang jurubicara Newt Gingrich mengatakan mantan ketua DPR Amerika itu akan dengan resmi mengakhiri kampanyenya sebagai kontestan calon presiden dari partai Republik pekan depan.

Jurubicara itu mengatakan Gingrich akan mendukung Mitt Romney, orang yang bakal menjadi capres dari partai tersebut, ketika ia menghentikan kampanyenya. Romney menelpon Gingrich hari Rabu, sehari setelah Romney memenangkan pemilihan pendahuluan di lima negarabagian, yang sudah hampir memastikannya akan menjadi calon presiden.

Gingrich mengakui bahwa Romney bakal menjadi calon presiden ketika ia berkampanye hari Rabu di North Carolina.

Gingrich sempat muncul sebagai seorang kontestan yang kuat setelah memenangkan pemilihan pendahuluan di South Carolina bulan Januari, tetapi kampanyenya mulai goyah setelah ia kalah dalam pemilihan pendahuluan berikutnya di Florida.

Satu-satunya kemenangan yang diraihnya setelah itu adalah di negara bagian asalnya Georgia, bulan Maret, dan kampanyenya berhutang lebih dari empat juta dolar.

Jurubicara Gingrich mengatakan ia akan memusatkan perhatian pada usahanya untuk membantu partai Republik mempertahankan mayoritas dalam DPR dan merebut kekuasaan dalam majelis Senat. Gingrich merupakan perancang strategi pengambil-alihan DPR oleh partai Republik tahun 1994.

Seorang lagi kontestan calon Presiden dari Partai Republik, gubernur Texas Rick Perry, mengumumkan hari Rabu bahwa ia mendukung Romney. Perry menghentikan kampanyenya setelah pemilihan pendahuluan di South Carolina dan tadinya mendukung Gingrich untuk menjadi calon presiden.
XS
SM
MD
LG