Tautan-tautan Akses

Komunitas Musik Keroncong Usulkan Gesang Jadi Pahlawan Nasional

  • Yudha Satriawan

Gesang Martohartono bertepuk tangan mengiringi seorang gadis cilik yang sedang bermain biola pada ulang tahun Gesang di Solo (foto dokumentasi: 1 Oktober 2009).

Gesang Martohartono bertepuk tangan mengiringi seorang gadis cilik yang sedang bermain biola pada ulang tahun Gesang di Solo (foto dokumentasi: 1 Oktober 2009).

Komunitas musik keroncong Indonesia dan Jepang deklarasikan usulan agar mendiang maestro keroncong Gesang diberi gelar pahlawan nasional oleh pemerintah.

Lantunan lagu Bengawan Solo berbahasa Jepang membahana di Taman Gesang, di Solo, Jawa Tengah pada hari Minggu pagi. Lagu tersebut dinyanyikan oleh penyanyi asal Jepang Yasunori Sugahara. Puluhan orang dari komunitas Musik keroncong dari Indonesia dan Jepang berkumpul disana untuk mendeklarasikan usulan agar sang Maestro keroncong Gesang menjadi Pahlawan Nasional.

Taman Gesang ini dibangun dengan dana dari perhimpunan dana Gesang di Jepang. Taman tersebut tepat berada di tepi sungai Bengawan Solo. Penggagas usulan tersebut, Hendarmin Susilo, mengatakan mendiang maestro Keroncong Gesang berjasa kepada Indonesia karena telah menciptakan dan mempopulerkan lagu keroncong ‘Bengawan Solo’ ke seluruh penjuru dunia.

“Selama belasan tahun, kita mendapat royalti lagu keroncong 'Bengawan Solo' ciptaan Gesang dari berbagai negara, mulai dari ASEAN hingga kawasan Eropa. Ini membuktikan lagu tersebut sangat populer hingga ke seluruh penjuru dunia,” jelas Hendarmin.

Komunitas musik keroncong Indonesia dan Jepang berkumpul di Taman Gesang, Solo.

Komunitas musik keroncong Indonesia dan Jepang berkumpul di Taman Gesang, Solo.

Menurut Hendarmin, gelar pahlawan tidak harus diberikan kepada anggota militer, dan menjadi pahlawan juga tidak harus dengan cara mengangkat senjata, tetapi juga bisa lewat karya seni.

Dalam deklarasi tersebut juga hadir tokoh musik keroncong asal Jepang, Okabe. Menurut Okabe, lagu keroncong Bengawan Solo ciptaan mendiang sang maestro Gesang sangat populer di Jepang.

“Saya sudah lama tahu lagu keroncong ‘Bengawan Solo’ ciptaan pak Gesang..tapi saya belum mengenal lebih dekat soal lagu itu…orang tua saya yang mengenalkan lagu itu sejak saya masih kecil. Di Jepang, hingga sekarang semua orang mengenal lagu Bengawan Solo dan sangat populer, sering dinyanyikan.” ungkap Okabe dalam bahasa Jepang.

Hasil deklarasi tersebut akan diserahkan kepada pemerintah Indonesia supaya segera terwujud. Usulan tersebut mendapat dukungan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono dan Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri.

XS
SM
MD
LG