Tautan-tautan Akses

Gerhana Matahari Penuh Lintasi Afrika


Burung terbang melintasi pemandangan gerhana matahari sebagian yang terlihat di Sidon, Lebanon selatan (3/11).

Burung terbang melintasi pemandangan gerhana matahari sebagian yang terlihat di Sidon, Lebanon selatan (3/11).

Tempat yang paling baik memandangnya adalah di Gabon, dimana orang dapat menyaksikan peristiwa itu selama lebih dari satu menit.

Gerhana matahari penuh melintasi Afrika Minggu (3/11), membuat angkasa gelap sesaat sementara gerhana bergerak di atas benua itu.

Bulan mulai menutupi sebagian matahari di angkasa Atlantik Minggu pagi dan membesar hingga gerhana penuh sebelum terlihat di Afrika Barat. Tempat yang paling baik memandangnya adalah di Gabon, dimana orang dapat menyaksikan peristiwa itu selama lebih dari satu menit.

Gerhana penuh hanya kelihatan sepanjang jalur lintasan sempit di Afrika yang berakhir di langit Ethiopia dan Somalia. Gerhana sebagian kelihatan sampai bagian timur Amerika Utara dan Eropa selatan.

Gerhana matahari terjadi ketika bulan melintas antara Bumi dan Matahari, menutupi seluruh atau sebagian matahari selama beberapa menit. Gerhana pada Minggu lalu adalah gerhana hibrida yang jarang terjadi, dimana bulan menutupi sama sekali matahari di beberapa tempat dan menunjukkan lingkaran pinggiran matahari di tempat-tempat lain.

Para penatap diperingatkan agar jangan melihat langsung gerhana, ketika sinar mahari masih dapat merusak mata.
XS
SM
MD
LG