Tautan-tautan Akses

Gerhana Bulan Merah Darah Akan Muncul Sore Ini


Seorang pria mengambil foto saat gerhana bulan di pinggir kota Shanghai, April 2014.

Seorang pria mengambil foto saat gerhana bulan di pinggir kota Shanghai, April 2014.

Jika cuaca memungkinkan, gerhana bulan itu dapat terlihat di langit Amerika Utara, Australia, Amerika Selatan bagian barat dan beberapa bagian Asia Timur.

Gerhana bulan total, juga disebut "bulan merah darah" karena warnanya yang merah seperti tembaga, akan terlihat malam ini atau Rabu pagi untuk belahan dunia bagian utara, saat bulan melintasi bayangan Bumi.

Gerhana total itu merupakan yang kedua dari empat pada periode dua tahun yang dimulai 15 April dan berakhir 28 September 2015. Fenomena yang disebut tetrad itu tidak biasa karena gerhana penuh itu terlihat di semua atau beberapa bagian Amerika Serikat, menurut pensiunan ahli astrofisika NASA, Fred Espenak.

Jika cuaca memungkinkan, gerhana bulan itu dapat terlihat di langit Amerika Utara, Australia, Amerika Selatan bagian barat dan beberapa bagian Asia Timur. Gerhana itu seharusnya mencapai totalitas sebelum matahari terbit di bagian utara, pada 6.25 pagi (1025 GMT).

Jika langit berawan, baik NASA.gov maupun Slooh.com akan melakukan siaran langsung di laman mereka.

Gerhana terjadi ketika bulan melewati bayangan Bumi, yang disebut umbra.

Untuk memahami terjadinya warna merah, menurut Tony Phillips, ahli astronomi dari SpaceWeather.com, bayangkan kita berdiri di Bulan: "Di atas kepala ada Bumi, yang menyembunyikan matahari di belakangnya. Gerhana berjalan, dan Anda pikir Bumi akan betul-betul gelap, tapi pinggiran planet akan terlihat terbakar. Anda melihat setiap matahari terbit dan setiap matahari terbenam di dunia pada saat yang bersamaan," tulisnya dalam artikel di laman NASA.

Cahaya memancar ke dalam bayangan Bumi, mengisinya dengan pendaran berwarna tembaga yang membuat bulan tampak merah, ujarnya.

Seluruh gerhana akan terlihat dari Samudera Pasifik, wilayah-wilayah yang berbatasan langsung dengannya dan bagian timur laut Amerika Utara. Di sebelah timur, gerhana terjadi setelah bulan tenggelam. Gerhana itu tidak terlihat di Eropa, Afrika dan Timur Tengah, menurut NASA. (Reuters)

XS
SM
MD
LG