Tautan-tautan Akses

Pelari Kenya Geoffrey Mutai Juara Maraton Boston


Pelari asal Kenya, Geoffrey Mutai (kanan) berhasil menjuarai lomba maraton di Boston, 18 April 2011.

Pelari asal Kenya, Geoffrey Mutai (kanan) berhasil menjuarai lomba maraton di Boston, 18 April 2011.

Geoffrey Mutai menjuarai maraton Boston dengan waktu tercepat, tapi tidak dihitung sebagai rekor dunia baru.

Pelari Kenya Geoffrey Mutai memenangkan lomba maraton Boston hari Senin dalam waktu dua jam, tiga menit, dan dua detik, waktu tercepat yang pernah dibukukan dalam lari jarak jauh itu.

Mutai menyelesaikan lomba hampir satu menit lebih cepat dari rekor dunia 2:03.59 yang dicetak pelari Etiopia Haile Gebrselassie di Berlin tahun 2008. Namun catatan waktunya tidak dihitung sebagai rekor dunia baru karena Mutai dibantu oleh angin di jalur berbukit-bukit, dan ada banyak jalur turunan dari awal hingga akhir.

Kepada Reuters, Badan Atletik Amerika (USA Track and Field) mengatakan hasil Maraton Boston tidak bisa dimasukkan ke dalam rekor dunia karena tidak memenuhi dua kriteria yang ditetapkan.

Rekan senegara Mutai, Moses Mosop, yang bertanding pada maraton pertamanya, juga melampaui catatan Gebrselassie dan selesai di urutan kedua dengan waktu 2:03.06.

Pelari Ethiopia Gebregziabher Gebremariam, yang menjuarai Maraton New York tahun lalu, berada di tempat ketiga, dan pelari Amerika Ryan Hall selesai di urutan keempat dengan catatan waktu 2:04,58. Catatan waktu Hall adalah yang tercepat yang pernah dicetak pelari Amerika.

XS
SM
MD
LG