Tautan-tautan Akses

Generasi Ponsel Kenya Akses Pinjaman Lewat Ponsel


Samuel Kinuthia, seorang chef di Nairobi, menggunakan Branch untuk mendapatkan pinjaman bagi bisnisnya. (L. Ruvaga/VOA)

Samuel Kinuthia, seorang chef di Nairobi, menggunakan Branch untuk mendapatkan pinjaman bagi bisnisnya. (L. Ruvaga/VOA)

Bunga pinjaman bisnis di Kenya bisa mencapai 26 persen. Tetapi seorang “wiraswastawan teknologi” AS kini telah mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan warga Kenya untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga yang lebih rendah lewat ponsel dan Facebook.

Samuel Kinuthia, telah bekerja sebagai koki selama 18 tahun. Dia memulai bisnis kateringnya sendiri tahun lalu untuk menambah penghasilan.

Kinuthia mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnisnya lewat Branch, lembaga pemberi pinjaman mikro yang menyediakan jasa keuangan termasuk pinjaman kepada penduduk Kenya. Dia mengatakan Branch sangat membantu bisnisnya.

“Perlengkapan katering cukup mahal dan saya telah berusaha meminjam peralatan di sana sini. Tetap Branch telah membantu saya sejak awal. Dan pelunasannya bisa diatur dengan cicilan yang rendah bahkan sebelum jatuh tempo," kata Kinuthia.

Didirikan tahun 2015 oleh Matt Flannery, Branch adalah institusi keuangan mikro yang disebut-sebut sebagai “bank di kantong Anda.”

Aplikasi itu bisa diakses lewat Google play store dan Facebook.

Untuk periode pelunasan enam bulan, klien bisa mengajukan pinjaman sedikitnya 10 dolar sampai maksimum 50 dolar. Dan suku bunga sedikitnya 5 persen di negara dimana bank mengenai bunga hingga 26 persen.

Dan bagi Samuel Kinuthia, menggunakan kemajuan teknologi, memudahkan dirinya untuk memperluas bisnisnya. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG