Tautan-tautan Akses

AS

General Motors Jadi Sasaran Twitter Trump


Kantor pusat General Motors di Detroit, Michigan (Foto dok).

Presiden terpilih Donald Trump memasang pesan di Twitter, Selasa pagi (3/1), bahwa GM mengimpor mobil sedan Cruze buatan Meksiko ke Amerika tanpa kena pajak. Ia meminta GM untuk membuat mobil-mobil di Amerika, “Atau membayar pajak impor yang tinggi”.

Dalam pesan Twitter lainnya yang menyasar perusahaan Amerika, presiden terpilih Donald Trump mengancam akan mengenakan pajak pada General Motors karena mengimpor mobil ke Amerika dari Meksiko.

Tapi GM membuat sebagian besar mobil Chevrolet Cruze di kompleksnya yang luas di Lordstown, timur Cleveland, Ohio.

Trump memasang pesan di Twitter Selasa pagi bahwa GM mengimpor mobil sedan Cruze buatan Meksiko ke Amerika tanpa kena pajak. Ia meminta GM untuk membuat mobil-mobil di Amerika, “Atau membayar pajak impor yang tinggi”.

GM hanya mengimpor mobil Cruze model hatchback dari pabrik di Ramos Arizpe, Mexico, dan hanya menjual 4.500 yang diimpor itu, di Amerika tahun lalu, kata juru bicara GM, Patrick Morrissey. Perusahaan itu menjual sekitar 172.000 mobil Cruze sampai bulan November. Model hatchback yang dijual di Amerika dengan potongan harga selama musim gugur itu di rakit di Meksiko untuk pemasaran global, kata Morrissey.

Sebuah mobil Chevrolet Cruze yang dipamerkan di Pittsburgh International Auto Show di Pittsburgh, Pennsylvania, 11 Februari 2016. (Foto: dok)

Sebuah mobil Chevrolet Cruze yang dipamerkan di Pittsburgh International Auto Show di Pittsburgh, Pennsylvania, 11 Februari 2016. (Foto: dok)

Saham GM langsung turun sekitar satu persen dalam perdagangan menjelang pasar dibuka setelah pesan twitter itu tapi pulih kembali ke tingkat positif setelah pasar dibuka hari Selasa.

Jumlah produksi mobil Cruze model hatchback kurang dari total produksi satu hari di pabrik Lordstown, kata Glenn Johnson, ketua Serikat Pekerja Mobil setempat di pabrik itu. Serikat itu katanya tidak memprotes pemindahan perakitan model itu ke Meksiko.

“Hanya menjadi berita saja” kata Johnson mengenai pesan twitter Trump itu. Pabrik di Lordstown katanya tidak dilengkapi untuk memproduksi hatch.

GM memang mengimpor beberapa mobil sedan Cruze dari Meksiko tahun lalu untuk memenuhi permintaan ketika meluncurkan versi baru mobil itu, kata Morrissey tapi sudah dihentikan dan semua mobil sedan yang dijual di Amerika sekarang dibuat di Ohio, katanya.

Pesan Twitter itu merupakan ancaman terbaru Trump untuk mengenakan pajak pada perusahaan-perusahaan yang memindahkan produksinya ke Meksiko kemudian mengimpornya ke Amerika berdasarkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Tahun lalu Trump mengecam perusahaan Ford karena berencana memindahkan produksi mobil Focus ke Meksiko. Pekerjaan di pabrik di daerah Detroit yang sekarang membuat mobil Focus akan dipertahankan karena pabrik itu akan membuat truk pick up kecil dan model SUV baru. Pimpinan Ford mengatakan perusahaan itu tidak akan mengubah rencana itu. (my/al)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG