Tautan-tautan Akses

Gempa 8,9 Skala Richter, Tsunami Guncang Jepang


Polisi Tokyo berlair di jalanan sementara orang-orang berkerumun di luar setelah meninggalkan gedung-gedung di distrik finansial Tokyo.

Polisi Tokyo berlair di jalanan sementara orang-orang berkerumun di luar setelah meninggalkan gedung-gedung di distrik finansial Tokyo.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga memperingatkan Guam, Taiwan, Filipina, Hawaii dan Indonesia untuk berhati-hati dengan kemungkinan tsunami.

Gempa bumi dahysat dengan skala 8,9 skala Richter mengguncang pesisir timur laut Jepang, memicu tsunami yang menyeret kendaraan-kendaraan di sekitar pusat gempa.

Video dari stasiun televisi NHK menunjukkan lusinan kendaraan, ferry besar dan beberapa gedung tersapu ke tengah laut di kota pelabuhan Kamaishi, provinsi Iwai.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami bagi seluruh daerah pantai Pasifik di Jepang menyusul gempa yang mengguncang 125 kilometer dari pesisir timur, dengan kedalaman 10 kilometer. Penduduk di daerah pesisir telah diperintahkan untuk segera mengevakusikan diri ke dataran yang lebih tinggi.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di negara bagian Hawaii, AS, mengatakan peringatan tsunami juga berlaku bagi Rusia, pulau Marcus dan Marianas Utara. Lembaga ini juga memperingatkan Guam, Taiwan, Filipina, Hawaii dan Indonesia untuk berhati-hati dengan kemungkinan tsunami.

Gempa yang kuat ini juga terasa di Tokyo, menggoyangkan gedung-gedung dan menyebabkan beberapa kebakaran. Sistem transportasi umum di ibukota Jepang ini, semua kereta dan kereta bawah tanah, telah berhenti beroperasi.

Perdana Menteri Jepang Naoto Kan memanggil kabinetnya untuk sebuah rapat darurat untuk memantau situasi dan menentukan respon terhadap bencana.

XS
SM
MD
LG