Tautan-tautan Akses

Gempa Tewaskan 24 di Perbatasan Tiongkok-Burma


Tim penyelamat mencari korban setelah terjadi gempa di provinsi Yunan, Tiongkok barat daya.

Tim penyelamat mencari korban setelah terjadi gempa di provinsi Yunan, Tiongkok barat daya.

Survei Geologi Amerika mengatakan gempa berkekuatan 5,4 dan berpusat sekitar 250 kilometer di sebelah barat daya kota Dali di Yunnan.

Pihak berwenang Tiongkok mengatakan gempa telah merobohkan bangunan-bangunan dan menewaskan paling sedikit 24 orang di provinsi Yunnan, Tiongkok barat daya, dekat perbatasan dengan Burma.

Media pemerintah mengutip para pejabat setempat yang mengatakan lebih dari 200 orang luka-luka sewaktu gempa melanda sebentar setelah tengah hari Kamis. Menurut pihak berwenang, ada sebagian gedung pasar swalayan ambruk, memerangkap sejumlah orang di dalamnya.

Survei Geologi Amerika mengatakan gempa berkekuatan 5,4 ini berpusat sekitar 250 kilometer di sebelah barat daya kota Dali di Yunnan, dan sekitar 350 kilometer di timur laut kota Mandalay, Burma. Disebutkan bahwa gempa terjadi pada kedalaman sekitar 35 kilometer, tetapi menurut laporan Tiongkok, kedalamannya hanya 10 kilometer.

Kantor berita Xinhua menggambarkan geologi wilayah itu sebagai sabuk yang mudah terkena gempa di mana telah terjadi 1000 getaran dalam beberapa bulan ini.

XS
SM
MD
LG