Tautan-tautan Akses

Gempa Susulan Guncang Chili


Di saat Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon memulai lawatan dua hari untuk mengevaluasi kerusakan akibat gempa dan tsunami

Gempa susulan kuat kembali mengguncang Chili, di saat Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon memulai lawatan dua hari untuk mengevaluasi kerusakan akibat gempa dan tsunami pada tanggal 27 Februari.

Hari Jumat gempa susulan berkekuatan 6,6 mengguncang Chili selatan-tengah. Di kota Conception, yang paling parah terkena gempa, hari Jumat sejumlah warga berlarian di jalan ketika tanah terguncang. Puluhan gempa susulan dilaporkan sejak gempa pertama terjadi.

Jumat pagi, Sekjen PBB Ban Ki-moon bertemu dengan Presiden Michele Bachelet dan menjanjikan 10 juta dollar dari dana PBB untuk bantuan gempa. Hari Sabtu, Ban Ki-moon akan menuju Conception dan kota pelabuhan Talcahuano yang juga hancur akibat gempa.

Secara terpisah, Angkatan laut Chili memecat kepala badan yang bertanggungjawab mengeluarkan peringatan bencana, yang menyatakan sistem peringatan tsunami rusak. Berbagai laporan menyebutkan ia tidak memberi peringatan yang jelas mengenai tsunami menyusul gempa berkekuatan 8,8 bulan lalu.

XS
SM
MD
LG