Tautan-tautan Akses

Gempa Susulan 7,8 SR Guncang Chile


Tiga perempuan mendorong seorang anak yang dalam kereta belanja saat melakukan evakuasi menyusul gempa kuat di Iquique, Chile, Kamis dini hari (3/4). (AP/Cristian Vivero)

Tiga perempuan mendorong seorang anak yang dalam kereta belanja saat melakukan evakuasi menyusul gempa kuat di Iquique, Chile, Kamis dini hari (3/4). (AP/Cristian Vivero)

Gempa susulan tersebut mendorong pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami yang baru di sepanjang pesisir Chile dan memerintahkan pengungsian ribuan penduduk.

Gempa susulan yang kuat mengguncang lagi pantai utara Chile, sehari setelah gempa 8,2 skala Richter terjadi di daerah tersebut, yang menewaskan enam orang.

Badan Survei Geologis As mengatakan gempa susulan 7,8 itu dideteksi Rabu malam (2/4) kira-kira 23 kilometer sebelah selatan Iquique, pada kedalaman 20 kilometer di bawah permukaan laut.

Gempa susulan tersebut mendorong pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami yang baru di sepanjang pesisir Chile dan memerintahkan pengungsian ribuan penduduk pantai.

Gempa pada Selasa terjadi kira-kira 100 kilometer di lepas pantai barat laut yang berpenduduk jarang negara tersebut, yang menimbulkan peringatan tsunami sampai sejauh Jepang. Peringatan itu dibatalkan beberapa jam kemudian.

Polisi dan tentara berpatroli di daerah-daerah pantai utara Chile untuk mencegah penjarahan, sementara gambar-gambar televisi menunjukkan rumah-rumah dan pusat-pusat perbelanjaan yang rusak di kota pelabuhan Iquique, 1.800 kilometer di utara Santiago.

Presiden Chile Michelle Bachelet meninjau daerah itu Rabu, dan menyatakannya zona bencana. Ke utara, gempa itu mengakibatkan pemadaman listrik di Peru, dan pengungsian dari beberapa kota selatan disana. Tetapi, tidak ada laporan kerusakan atau luka yang parah.
XS
SM
MD
LG