Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat di Afghanistan dan Pakistan, Hampir 300 Tewas


Bangunan rusak akibat gempa di desa Raman Kheel, lembah Panjshir, Afghanistan (26/10).

Bangunan rusak akibat gempa di desa Raman Kheel, lembah Panjshir, Afghanistan (26/10).

Gempa kuat di Afghanistan utara dan di Pakistan menewaskan hampir 300 orang hari Senin (26/10).

Gempa kuat melanda daerah terpencil Afghanistan utara hari Senin (26/10) menewaskan hampir 300 orang di sana dan di negara tetangga, Pakistan, serta melukai lebih dari 1.700 orang.

Berpusat 82 kilometer bagian tenggara Feyzabad di daerah terpencil pegunungan Hindu Kush, gempa hari Senin tercatat berkekuatan 7,5, menurut Badan Geologi Amerika (USGS).

Daerah yang paling parah terkena gempa ini dilaporkan adalah Provinsi Khyber Pakhtunkhaw, Pakistan barat laut, di mana para pejabat mengukuhkan setidaknya 140 tewas dan lebih dari 1.000 terluka.

Panglima militer Pakistan Jenderal Raheel Sharif mengerahkan pasukan dan helikopter untuk segera mendistribusi peralatan penyelamatan ke wilayah tersebut.

28 Orang dilaporkan tewas di Afghanistan, tetapi jumlah itu bisa naik tajam, menurut CEO negara itu Abdullah Abdullah.

Korban di Afghanistan termasuk 12 siswa sekolah yang tewas dalam desak-desakan karena mereka bergegas keluar dari bangunan-bangunan yang bergetar di provinsi Takhar. Seorang saksi mata di Jalalabad, kepada VOA mengatakan, gempa itu menyebabkan orang berebut mencari perlindungan.

Gempa besar juga memicu tanah longsor di kawasan pegunungan di Pakistan utara dan barat-laut. Tentara mengatakan puing-puing menutup jalan di lima tempat sepanjang Jalan Bebas Hambatan Karakoram (KKH), satu-satunya jalan yang menghubungkan Pakistan dan Tiongkok. Menurut pejabat-pejabat militer, hasil pantauan udara atas kerusakan di zona gempa baru akan tersedia Selasa pagi.

USGS mencatat dua gempa dengan kekuatan 4,7 dan 4,8 di kawasan yang sama dalam waktu 90 menit setelah gempa besar pertama berlangsung. Berbagai laporan menyebutkan bangunan-bangunan juga terguncang di ibukota India, New Delhi, sehingga pegawai kantor berhamburan ke jalan-jalan.

Gempa itu terjadi hampir enam bulan setelah gempa kuat di Nepal menewaskan ribuan orang dan menghancurkan ratusan ribu rumah. [ka]

XS
SM
MD
LG