Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat Guncang Tokyo dan Bagian Timur Jepang


Peta wilayah Fukushima, Jepang (Foto: dok). gempa berkekuatan 6,9 SR dilaporkan mengguncang Tokyo dan wilayah Timur Jepang, Rabu pagi (4/9).

Peta wilayah Fukushima, Jepang (Foto: dok). gempa berkekuatan 6,9 SR dilaporkan mengguncang Tokyo dan wilayah Timur Jepang, Rabu pagi (4/9).

Gempa bumi berkekuatan 6,9 SR mengguncang daerah Tokyo dan bagian timur Jepang Rabu pagi (4/9).

Badan Meteorologi Jepang mengatakan gempa berkekuatan 6,9 SR berpusat di lepas pantai dekat Torishima, bagian dari kepulauan Izu kira-kira 600 kilometer sebelah selatan Tokyo.

Gempa tersebut termasuk gempa kuat yang mampu mengakibatkan kerusakan besar terhadap bangunan di daerah-daerah berpenduduk. Sebagian besar bangunan di Jepang memenuhi standar modern ketahanan gempa dan mampu menahan goncangan kuat yang mungkin dapat menyebabkan kerusakan besar di negara lain.

Walaupun pusat gempa itu terpencil, getarannya dapat dirasakan dari utara pulau utama Honshu hingga ke barat. Di Tokyo, gedung-gedung goncang selama beberapa saat.

Badan siaran nasional NHK mengatakan beberapa rute kereta api dihentikan sebentar untuk memeriksa keselamatan sebagai langkah berjaga-jaga. Tidak ada peringatan tsunami dikeluarkan.

Geological Survey Amerika mengukur gempa itu berkekuatan 6,5 dan mengatakan kedalamannya 404 kilometer.

Bulan Maret tahun 2011, gempa berkekuatan 9,0 di lepas pantai Jepang timur laut, dan tsunami yang menyusul, menewaskan lebih dari 18 ribu orang dan menghancurkan daerah pantai sepanjang ratusan kilometer. Gempa tersebut melumpuhkan pembangkit nuklir Dai-ichi Fukushima, yang mengakibatkan tiga reaktornya meleleh.
XS
SM
MD
LG