Tautan-tautan Akses

Gempa di Korea Utara, Diduga Uji Coba Nuklir


Direktur Badan Meteorologi Jepang Gen Aoki memperlihatkan layar yang menunjukkan aktivitas seismik di Korea Utara (9/9). (Reuters/Kim Kyung-Hoon)

Direktur Badan Meteorologi Jepang Gen Aoki memperlihatkan layar yang menunjukkan aktivitas seismik di Korea Utara (9/9). (Reuters/Kim Kyung-Hoon)

Foto-foto baru satelit menunjukkan peningkatan aktivitas di lokasi Punggye-ri, di mana Korea Utara melakukan uji coba nuklir ke empat bulan Januari

Gempa bumi dilaporkan terjadi di Korea Utara, dekat tempat uji coba nuklir Punggye-ri, meningkatkan spekulasi bahwa negara komunis itu telah melakukan uji coba nuklir ke lima.

Pusat Gempa Eropa mengatakan gempa itu berkekuatan 5,0 Skala Richter, sementara Survei Geologi Amerika (USGS) mengatakan 5.3 SR.

USGS mengatakan, gempa itu terdeteksi di permukaan bumi. Biasanya sumber gempa bumi berada di bawah tanah.

Seorang pejabat Korea Selatan mengatakan kepada kantor berita Yonhap gempa itu sangat mungkin disebabkan oleh uji coba nuklir, meskipun belum ada pengukuhan resmi.

Jumat (9/9) adalah hari ulang tahun berdirinya Korea Utara dan Pyongyang pada masa lalu merayakan hari besar penting itu dengan melakukan uji coba nuklir dan rudal.

Foto-foto baru satelit menunjukkan peningkatan aktivitas di lokasi Punggye-ri, di mana Korea Utara melakukan uji coba nuklir ke empat bulan Januari, yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Korea Utara telah mengancam negara yang dianggap musuhnya, Korea Selatan dan Amerika, dengan serangan nuklir dalam beberapa bulan terakhir. [sp/isa]

XS
SM
MD
LG