Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat di Italia, Sedikitnya 20 Tewas


Warga berdiri di pinggir jalan menyusul gempa yang melanda kota Amatrice, Italia tengah (24/8). (Reuters/Emiliano Grillotti)

Warga berdiri di pinggir jalan menyusul gempa yang melanda kota Amatrice, Italia tengah (24/8). (Reuters/Emiliano Grillotti)

Guncangan terasa di sebagian besar wilayah Italia tengah, termasuk di ibukota Roma, yang berjarak 150 kilometer.

Sebuah gempa bumi mengguncang Italia bagian tengah Rabu pagi (24/8), menyebabkan kerusakan parah di daerah-daerah dekat pusat gempa dan menewaskan sedikitnya 20 orang.

Badan Survei Geologi AS mengatakan kekuatan gempa mencapai 6,2 Skala Richter dengan pusat gempa sekitar 10 kilometer dari tenggara kota Norcia. Guncangan terasa di sebagian besar wilayah tersebut, termasuk di ibukota Roma, yang berjarak 150 kilometer.

Gempa melanda sekitar pukul 3.30 pagi, diikuti dengan banyak gempa susulan. Daerah yang paling parah terkena termasuk kota Amatrice dan Accumoli.

Walikota Amatrice Sergio Pirozzi mengatakan kepada media pemerintah RAI bahwa bagian besar kota tersebut hancur.

Para petugas bekerja setelah matahari terbit untuk menyelamatkan mereka yang terperangkap di bawah puing-puing bangunan.

Gempa bumi hari Rabu tidak jauh dari kota L'Aquila, yang diguncang gempa tahun 2009 yang menewaskan sedikitnya 300 orang. [hd]

XS
SM
MD
LG