Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat Guncang Italia, 16 Tewas


Sebuah bangunan pabrik di Mirandola, Italia utara rubuh akibat gempa berkekuatan 5.8 skala Richter, Selasa (29/5).

Sebuah bangunan pabrik di Mirandola, Italia utara rubuh akibat gempa berkekuatan 5.8 skala Richter, Selasa (29/5).

Gempa kuat yang mengguncang Italia Utara, dekat Bologna, menewaskan 16 orang, melanda daerah yang sepekan lalu telah dirusak gempa.

Lembaga Survei Geologi Amerika menyatakan gempa berkekuatan 5,8 skala Richter itu mengguncang kawasan Emilia-Romagna, sekitar 40 kilometer sebelah utara Bologna. Para pejabat mengatakan sedikitnya 350 orang cedera di daerah gempa antara kota Modena dan Ferrara, hari Selasa (29/5).

Gempa itu dilaporkan terasa di sebagian besar wilayah Italia Tengah dan Utara, termasuk kota besar Milan. Beberapa gempa susulan yang cukup kuat terjadi di kawasan itu.

Petugas penyelamat berada di lokasi untuk membantu orang yang terperangkap di dalam reruntuhan rumah dan bangunan.

Gempa Selasa ini terjadi di timur Parma, dimana tim sepak bola Italia dijadwalkan bertanding melawan Luxemburg pada sore harinya. Pertandingan telah dibatalkan.

Kawasan itu diguncang gempa 20 Mei lalu yang menewaskan tujuh orang, menghancurkan pabrik-pabrik dan bangunan-bangunan bersejarah, serta mengakibatkan sejumlah warga kehilangan tempat tinggal.

Gempa itu juga mengakibatkan sektor pertanian rugi jutaan dolar di kawasan itu -- yang terkenal dengan keju Parmigiano Reggiano.
XS
SM
MD
LG