Tautan-tautan Akses

Gempa Bumi Landa Pulau di Yunani, 2 Tewas


Sebuah rumah di desa Pothi, di pulau Lefkada, Yunani tampak hancur akibat gempa hari Selasa (17/11).

Sebuah rumah di desa Pothi, di pulau Lefkada, Yunani tampak hancur akibat gempa hari Selasa (17/11).

Gempa berkekuatan 6 pada skala Richter melanda pulau Lefkada di Yunani barat, Selasa (17/11) menewaskan sedikitnya dua orang.

Sebuah gempa berkekuatan enam pada skala Richter melanda pulau Lefkada di Yunani barat, Selasa (17/11), menewaskan dua orang, merusak jalan dan bangunan, kata pihak berwenang setempat.

Polisi mengatakan seorang perempuan berusia enam puluhan tewas ketika rumahnya ambruk setelah tertimpa batu besar yang jatuh di desa pantai Ponti. Seorang perempuan lain tewas di desa Athani, menurut polisi.

Menurut Institut Pengawasan Gempa, gempa itu juga merusak jalan utama di bagian barat daya pulau. Gempa itu berpusat di Laut Ionia, sekitar 300 kilometer sebelah barat Athena, terjadi pukul 9:10 pagi.

Badan Penyelidikan Geologi Amerika menyatakan, gempa itu berkekuatan 6,5 pada skala Richter. Lembaga-lembaga metrologi sering berbeda dalam menyatakan besarnya kekuatan pada jam-jam pertama setelah gempa.

Gempa bumi sering terjadi di Yunani, karena kawasan itu merupakan salah satu daerah yang secara seismik paling aktif di dunia, di mana terjadi lebih dari separuh gempa bumi yang tercatat di Eropa.

Sebuah gempa hebat di dekat Athena pada tahun 1999 menewaskan 143 orang, dan menyebabkan kerusakan besar di ibukota Yunani. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG