Tautan-tautan Akses

Gempa 6,1 SR di Aceh, 5 Luka-Luka


Warga yang panik menjauh dari rumah dengan mengendarai sepeda motor saat gempa kuat menimpa Aceh pada Januari 2013. (Foto: Dok)

Warga yang panik menjauh dari rumah dengan mengendarai sepeda motor saat gempa kuat menimpa Aceh pada Januari 2013. (Foto: Dok)

Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter menimpa Aceh, merusak sejumlah rumah dan menyebabkan sedikitnya lima orang terluka.

Sebuah gempa menimpa provinsi Aceh pada Selasa (2/7), merusak rumah-rumah dan membuat sedikitnya lima orang terluka.

Badan Survei Geologi AS menyatakan gempa tersebut memiliki kekuatan 6,1 Skala Richter pada kedalaman 10 kilometer dan episentrumnya terletak pada 55 kilometer sebelah barat kota Bireun di ujung barat Sumatra.

Sedikitnya lima orang dilaporkan terluka dan 10 rumah rusak di Takengon, ibukota kabupaten Aceh Tengah, menurut Sutopo Purwo Nugroho dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Saya lihat banyak rumah yang rusak dan atapnya jatuh mengenai beberapa orang,” ujar Bensu Elianita, seorang warga berusia 22 tahun di desa Bukit Sama di Aceh Tengah.

“Banyak orang yang terluka namun sulit mengevakuasi mereka karena kemacetan lalu lintas.”

Ia mengatakan semua warga di desanya lari keluar rumah dengan panic dan berteriak meminta pertolongan. Sedikitnya dua rumah rata dengan tanah, ujarnya, sambil menambahkan bahwa gempa juga menyebabkan listrik padam di desa tersebut. (AP/Fakhrurradzie Gade)

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG