Tautan-tautan Akses

Gempa 5,9 SR Guncang China, 5 Tewas


Tim SAR berupaya menyelamatkan korban yang terluka akibat gempa bumi di propinsi Yunnan (31/8).

Tim SAR berupaya menyelamatkan korban yang terluka akibat gempa bumi di propinsi Yunnan (31/8).

Kantor berita pemerintah Xinhua mengatakan gempa berkekuatan 5,9 skala Richter, mengguncang beberapa kabupaten di propinsi Yunnan, Sabtu (31/8).

Sebuah gempa bumi menggoncangkan sebuah daerah bergunung di Tiongkok barat daya Sabtu, menewaskan paling sedikit lima orang dan menyebabkan ribuan orang harus dievakuasi.

Kantor berita Xinhua melaporkan gempa berskala 5,9 skala Richter melanda bagian-bagian dari provinsi Yunan dan Sichuan, dan paling sedikit 21 orang cedera. US Geological Survey juga mengatakan gempa itu berukuran 5,9.

Xinhua melaporkan gempa itu menyebabkan kerusakan yang luas, merubuhkan 600 rumah, merusak 55 ribu lainnya dan memaksa 9000 orang untuk melakukan relokasi.
Kantor berita mengatakan telekomunikasi dan listrik terputus di beberapa daerah dan menghambat usaha penyelamatan. Gempa susulan melanda kawasan itu.

Daerah pegunungan di Tiongkok barat daya rentan terhadap gempa bumi. Sebelumnya tahun ini, sebuah gempa di provinsi Sichuan telah menewaskan 200 orang. Hampir 90 ribu orang tewas dalam gempa kuat di Sichuan pada 2008.
XS
SM
MD
LG