Tautan-tautan Akses

Gembong Narkoba Meksiko Diekstradisi ke AS


Gembong kartel narkoba paling kejam di Meksiko, Benjamin Arellano Felix di rumahnya di Puebla (foto: 9 Maret 2002).

Gembong kartel narkoba paling kejam di Meksiko, Benjamin Arellano Felix di rumahnya di Puebla (foto: 9 Maret 2002).

Arellano Felix adalah salah satu anggota kartel paling terkenal yang diekstradisi di bawah pemerintahan Presiden Meksiko Felipe Calderon.

Gembong satu kartel narkoba yang paling banyak melakukan kekerasan telah diekstradisi ke Amerika Serikat untuk menghadapi dakwaan perdagangan narkoba dan lain-lain.

Kantor Jaksa Agung Meksiko mengatakan Benjamin Arellano Felix diserahkan kepada polisi pengdilan federal Amerika dan dikirim ke Amerika Serikat hari Jumat. Ia akan menghadapi peradilan di sebuah pengadilan federal di Kalifornia.

Arellano Felix adalah salah satu anggota kartel paling terkenal yang diekstradisi di bawah pemerintahan Presiden Meksiko Felipe Calderon

Berita mengenai ekstradisi itu keluar pada hari yang sama Menteri Luar negeri Amerika Hillary Clinton dan Menteri Luar negeri Meksiko Patricia Espinosa, bertemu di Washington untuk membicarakan perang melawan kartel narkoba.

Dalam sepucuk surat hari Jumat, tujuh anggota Kongres Amerika Serikat dari partai Republik mendesak Clinton agar mendukung penyebutan kartel narkoba Meksiko sebagai kelompok teroris. Para anggota Kongres itu menulis bahwa kartel-kartel itu adalah ancaman yang berbahaya terhadap keamanan nasional Amerika, dengan mengemukakan Amerika Serikat harus memastikan Meksiko tidak menjadi sarang teroris.

Para anggota Kongres yang menanda-tangani surat tersebut dipimpin oleh Peter King, ketua Komisi Keamanan Dalam Negeri DPR, dan Michael McCaul, ketua Subkomisi Pengawasan, Penyelidikan dan Pengelolaan.

XS
SM
MD
LG