Tautan-tautan Akses

Gelombang Panas Mematikan Landa Amerika


Panas yang sangat menyengat membuat dua anak di Washington DC bermain sambil mandi air dari pipa pemadam kebakaran (21/7).

Panas yang sangat menyengat membuat dua anak di Washington DC bermain sambil mandi air dari pipa pemadam kebakaran (21/7).

Suhu udara melonjak setinggi 39 derajat Celsius, ditambah kelembaban tinggi membuat suhu terasa seperti 46 derajat Celsius.

Warga Amerika yang sedang dilanda gelombang panas brutal kini bersiap-siap menghadapi gelombang panas berhari-hari lagi.

Badan Cuaca Nasional memperingatkan, cuaca panas luar biasa akan melanda Amerika bagian timur dan tengah hari Jumat. Suhu udara bisa melonjak setinggi 39 derajat celsius. Kelembaban yang tinggi membuat suhu udara terasa seperti 46 derajat celsius.

Pejabat-pejabat kesehatan menyatakan, hawa panas ekstrem itu telah menewaskan setidaknya enam orang. Mereka memperingatkan agar warga Amerika menghindari bekerja di luar ruangan pada tengah hari dan mengecek keadaan tetangga serta kerabat mereka.

Badan Cuaca Nasional juga memperingatkan suhu panas berdampak pada kualitas udara. Lembaga itu mengeluarkan apa yang disebut "Siaga Merah" bagi ibukota Amerika, Washington, di mana suhu udara diperkirakan mencapai 40-an Celsius.

Di New York, perusahaan listrik utama memperkirakan, penggunaan listrik mungkin akan mencatat rekor tertinggi karena penduduk kota menggunakan AC dan kipas angin listrik untuk menyejukkan udara.

XS
SM
MD
LG