Tautan-tautan Akses

Geithner akan Upayakan Peraturan Nilai Mata Uang


Polisi Korea Utara sedang patroli di bandara Gimpo, Seoul menyambut pertemuan G20.

Polisi Korea Utara sedang patroli di bandara Gimpo, Seoul menyambut pertemuan G20.

Rancangan peraturan nilai mata uang jadi topik pertemuan deputi menteri keuangan G20 di Korea Selatan.

Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner mengatakan dia akan mendesak para menteri keuangan negara-negara anggota G20 untuk sepakat mengenai peraturan yang lebih baik untuk mengatur nilai tukar mata uang pada waktu mereka bertemu pekan ini di Korea Selatan.

Kecemasan akan “perang mata uang,” di mana negara-negara merendahkan nilai mata uang mereka untuk memperoleh keuntungan dalam perdagangan, telah mendominasi kepala-kepala berita menjelang pertemuan hari Jumat dan Sabtu di Gyeongju itu. Deputi menteri-menteri keuangan dari 20 negara anggota G20 sedang bertemu di sana Kamis ini.

Siaran berita Dow Jones melaporkan bahwa sebuah rancangan pengumuman resmi yang disiapkan untuk pertemuan itu meminta kepada negara-negara anggota agar “menahan diri dari melakukan devaluasi yang kompetitif.”

Geithner menepiskan kekhawatiran mengenai perang mata uang. Tetapi dalam wawancara Wall Street Journal yang diterbitkan hari Kamis, dia mengatakan Amerika Serikat “menghendaki negara-negara untuk bergerak ke arah pembuatan seperangkat peraturan mengenai kebijakan nilai mata uang.”

XS
SM
MD
LG