Tautan-tautan Akses

Gedung Roboh di Mumbai, Puluhan Dikhawatirkan Terjebak


Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan di lokasi gedung roboh di Mumbai (27/9). (AFP/Indranil Mukherjee)

Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan di lokasi gedung roboh di Mumbai (27/9). (AFP/Indranil Mukherjee)

Sedikitnya dua orang tewas dan 12 orang sejauh ini telah ditarik hidup-hidup dari gedung roboh di Mumbai dan dilarikan ke rumah sakit.

Sebuah gedung bertingkat roboh di ibukota finansial India, Mumbai, Jumat pagi (27/9), membuat para petugas penyelamat bergegas mencari puluhan orang yang dikhawatirkan terperangkap dalam reruntuhan bangunan.

Sedikitnya dua orang tewas dan 12 orang sejauh ini telah ditarik hidup-hidup dari gedung tersebut dan dilarikan ke rumah sakit, menurut Alok Awasthi, komandan Pasukan Tanggap Bencana Nasional setempat.

"Kira-kira 80 sampai 90 orang yang diyakini tertinggal di gedung dan terperangkap,” ujar Awasthi, mengutip laporan dari timnya di lapangan.

Gedung apartemen berlantai lima itu roboh pada pukul 6 pagi lewat dan berlokasi di dekat Dockyard Road di bagian tenggara kota tersebut.

Insiden ini merupakan kasus terbaru robohnya gedung di Mumbai tahun ini. Sedikitnya 72 orang tewas pada April ketika gedung yang dibangun secara ilegal runtuh, dan beberapa minggu kemudian satu bagian sebuah rumah sakit juga roboh, melukai sedikitnya delapan orang. Pada Juni, sedikitnya 10 orang, termasuk lima diantaranya anak-anak, tewas ketika sebuah gedung berlantai tiga roboh.

Di seluruh India, bangunan roboh telah menjadi sesuatu yang relatif umum. Permintaan yang masif akan perumahan di kota-kota yang mengalami pertumbuhan pesat, ditambah korupsi yang mendarah daging, telah menyebabkan banyak pembangun potong kompas dengan menggunakan bahan bangunan di bawah standar atau menambah lantai tanpa izin. (AP/Kay Johnson)
XS
SM
MD
LG