Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Tolak Dukung Tuduhan Mullen atas Pakistan


Gedung Putih tidak ingin merusak hubungan AS-Pakistan dan memilih untuk tidak mendukung tuduhan Laksamana Mike Mullen (atas) terhadap militer Pakistan.

Gedung Putih tidak ingin merusak hubungan AS-Pakistan dan memilih untuk tidak mendukung tuduhan Laksamana Mike Mullen (atas) terhadap militer Pakistan.

Jubir Gedung Putih Jay Carney mengatakan, Pakistan telah 'sangat membantu' AS dalam memerangi kelompok teroris Al-Qaida.

Gedung Putih tidak mau mendukung tuduhan perwira tinggi militer Amerika bahwa jaringan militan Afghanistan ‘Haqqani’ bertindak sebagai “perpanjangan” badan inteljen utama Pakistan.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan komentar yang disampaikan pekan lalu oleh Ketua Staf Gabungan Mike Mullen yang akan segera diganti, “bukanlah bahasa yang akan saya gunakan”.

Dalam kesaksian di hadapan Kongres, Mike Mullen mengatakan jaringan Haqqani yang melancarkan sejumlah serangan atas target-target Amerika di Afghanistan, bertindak dengan dukungan Badan Inteljen Inter-Services Pakistan “ISI”. Pakistan membantah tegas tuduhan itu.

Jay Carney mengatakan Amerika ingin Pakistan mengambil tindakan terhadap jaringan itu. Tetapi ia menekankan Pakistan telah “sangat membantu” Amerika “khususnya” dalam memerangi kelompok teroris Al-Qaida.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague di London mengatakan hubungan Inggris dengan Pakistan “akan tetap seperti sediakala”. Ia mengatakan Inggris “akan berada di sisi Pakistan dalam menghadapi tantangan dan membangun hubungan yang kuat dan tahan lama”.

XS
SM
MD
LG