Tautan-tautan Akses

AS

Gedung Putih: Tak Ada Pendapatan dari Rusia di Luar 'Beberapa Kekecualian' 


Juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer (foto: dok).

Para pengacara Presiden Donald Trump mengatakan, daftar isian pajak presiden selama 10 tahun terakhir tidak menunjukkan adanya pendapatan dari sumber-sumber di Rusia, di luar “beberapa kekecualian.”

Dalam pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih hari Jumat (12/5), para pengacara itu mengatakan Trump tidak punya hubungan keuangan dengan badan-badan atau perusahaan di Rusia selain ketika diadakan Pemilihan Miss Universe di Moskow tahun 2013, dan penjualan sebuah rumah mewah di negara bagian Florida kepada seorang miliarder Rusia.

Pengacara itu mengatakan, berbagai bisnis Trump mungkin mendapat uang dari pebisnis di Rusia lewat transaksi penjualan yang biasa, termasuk ongkos-ongkos sewa hotel, condo dan acara main golf. Tapi pengacara Trump tidak merilis salinan surat-surat isian pajak presiden Amerika itu.

Surat pengacara yang bertanggal 8 Maret itu, agaknya diumumkan untuk meredam berbagai keprihatinan atas pemecatan kepala Dinas Penyidikan Federal Amerika atau FBI James Comey minggu ini. Comey ketika itu sedang mengadakan penyelidikan tentang kemungkinan kolusi antara kampanye pemilu Trump dengan Rusia yang berusaha mempengaruhi hasil pemilu. Tapi Gedung Putih membantah bahwa pemecatan Comey ada hubungannya dengan penyelidikan FBI itu. [ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG