Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Tak Ada Kemajuan dalam Pembicaraan Pagu Utang


Juru bicara pemerintahan Obama, Jay Carney

Juru bicara pemerintahan Obama, Jay Carney

Pembicaraan berminggu-minggu antara Obama dan Kongres AS macet karena adanya perbedaan soal cara mengurangi utang negara.

Juru bicara Gedung Putih mengatakan tidak ada kemajuan yang bisa dilaporkan mengenai kesepakatan memotong anggaran belanja dan menghindari gagal bayar utang Amerika yang berjumlah besar. Tapi dia juga menjamin Amerika akan membayar utang-utangnya tepat waktu.

Juru bicara pemerintahan Obama Jay Carney memberitahu para wartawan hari Kamis Gedung Putih “sangat yakin” Kongres akan bertindak untuk menaikkan pagu utang Amerika sebesar 14,3 triliun menjelang tenggat 2 Agustus.

Pernyataan tegas berulang-ulang bahwa Amerika tidak akan gagal memenuhi kewajibannya itu disampaikan Carney hanya beberapa jam setelah adanya penolakan dari salah seorang anggota Kongres berpengaruh dari Partai Republik.

Ketua DPR John Boehner menghimbau Presiden Obama agar menunjukkan apa yang dia gambarkan sebagai kepemimpinan sejati, dengan mengatakan “tidak cukup mengharap dan menunggu solusi.”

Pembicaraan berminggu-minggu antara Gedung Putih dan Kongres mengalami kemacetan karena adanya perbedaan mengenai cara mengurangi utang negara, dan Boehner hari Kamis mengatakan lagi bahwa Fraksi Republik tidak akan mendukung rencana apapun yang menaikkan pajak.

XS
SM
MD
LG