Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Pembicaraan Nuklir Iran 'Sangat Berguna'


Juru bicara Gedung Putih Jay Carney berbicara pada wartawan. (AP/Charles Dharapak)

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney berbicara pada wartawan. (AP/Charles Dharapak)

Meski ada kemajuan, Gedung Putih memperingatkan wartawan agar jangan mengharapkan "terobosan cepat" dalam pembicaraan nuklir itu.

Gedung Putih mengatakan pembicaraan Iran dengan negara-negara besar dunia mengenai program nuklirnya menunjukkan "tingkat keseriusan dan substansi yang tidak kami lihat sebelumnya."

Komentar juru bicara Jay Carney, Rabu (16/10), disampaikan beberapa saat setelah pembicaraan di Jenewa antara Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB plus Jerman berakhir dengan penilaian optimistis dari kedua pihak. Pembicaraan lebih lanjut antara pihak-pihak itu dijadwalkan 7 November.

Di luar penilaian itu, Carney memperingatkan wartawan agar jangan mengharapkan "terobosan cepat" dalam pembicaraan nuklir itu. Ia merujuk sejarah ketidakpercayaan antara Iran dan negara-negara Barat yang ia gambarkan sebagai "sangat dalam," dan mengatakan analis Amerika juga akan mempelajari rincian usul Iran untuk mengakhiri kebuntuan nuklir tersebut.

Amerika, Rusia, China, Perancis, Inggris dan Jerman menginginkan Iran membuktikan bahwa negara itu tidak membuat senjata nuklir, sementara Iran sedang mengupayakan kelonggaran atas sanksi internasional yang bertujuan memaksa Iran menghentikan aktivitas pengayaan uranium.
XS
SM
MD
LG