Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Iran Berkomitmen Temukan Agen FBI


Poster FBI yang memperlihatkan foto agen Robert Levinson, yang hilang di Iran tahun 2007.

Poster FBI yang memperlihatkan foto agen Robert Levinson, yang hilang di Iran tahun 2007.

Amerika menawarkan hadiah lima juta dolar untuk informasi yang mengarah ke kepulangan Robert Levinson, yang hilang di Iran tahun 2007.

Gedung Putih hari Rabu (9/3) mengatakan Iran berkomitmen membantu pihak berwenang Amerika menemukan agen FBI, Robert Levinson, yang hilang di Iran tahun 2007.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan Amerika menanggapi janji Iran dengan "cukup serius" dan mengandalkan Iran untuk itu. Earnest tidak memiliki banyak informasi tentang diskusi dengan Iran mengenai hal itu tetapi FBI sebelumnya mengatakan senang atas kerjasama Iran.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry juga mengatakan hari Rabu, pemerintah Obama "tidak akan pernah melupakan Robert dan kami tidak akan tenang sampai keluarga Levinson berkumpul kembali."

Amerika menawarkan hadiah lima juta dolar untuk informasi yang mengarah ke kepulangan Levinson.

Levinson hilang di Iran tahun 2007 dan tampaknya ditangkap pihak keamanan. Tetapi pihak berwenang Iran kemudian mengatakan mereka tidak mengetahui keberadaannya.

Levinson berulangtahun ke-68 Kamis ini. Tidak ada informasi mengapa ia ditangkap atau bahkan apakah ia masih hidup.

Iran setuju membantu menemukan Levinson awal tahun ini ketika membebaskan sekelompok orang Amerika yang dipenjara, termasuk reporter Washington Post, Jason Rezaian. [ka/al]

XS
SM
MD
LG