Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Dukung Rekonsiliasi Kabul dengan Taliban


Pemberontak Taliban di Afghanistan.

Pemberontak Taliban di Afghanistan.

Namun Gedung Putih juga mensyaratkan bahwa Taliban harus menanggalkan kesetiaannya kepada Al-Qaida dan menolak kekerasan.

Pemerintah Amerika mengatakan mendukung upaya Pemerintah Afghanistan baru-baru ini untuk mencapai kesepakatan damai dengan para pemberontak Taliban.

Namun Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs hari Rabu mengatakan Taliban harus mengikuti aturan Afghanistan, menanggalkan kesetiaannya kepada Al-Qaida dan menolak kekerasan. Robert Gibbs mengatakan Presiden Amerika Barack Obama mendukung upaya rekonsiliasi, namun negosiasi perdamaian dengan Taliban tergantung pada Pemerintah Afghanistan.

Robert Gibbs menolak mendiskusikan laporan harian The Washington Post bahwa para pemimpin Taliban memulai pembicaraan rahasia dengan Pemerintah Afghanistan untuk menegosiasikan upaya mengakhiri perang.

Laporan pers mengutip sumber dari Afghanistan dan Arab yang tidak disebut namanya, menyatakan bahwa pembicaraan masih dalam tahap pendahuluan. Mereka mengatakan untuk pertama kali mereka percaya perwakilan Taliban benar-benar memiliki otoritas untuk berbicara atas nama Quetta Shura – organisasi Taliban-Afghanistan yang berkedudukan di Pakistan dan dipimpin oleh Mullah Mohammad Omar.

XS
SM
MD
LG