Tautan-tautan Akses

AS

Warga AS Kedua Tewas Bantu Militan ISIS di Suriah


Para anggota ISIS berbaris di Raqqa, Suriah, dalam foto yang dimuat kelompok militan tersebut di laman mereka.

Para anggota ISIS berbaris di Raqqa, Suriah, dalam foto yang dimuat kelompok militan tersebut di laman mereka.

Seorang pria keturunan Somalia dilaporkan menjadi warga Amerika kedua yang tewas saat berjuang bersama gerilyawan di Suriah.

Stasiun TV KSMP di Minneapolis mengidentifikasi orang itu sebagai Abdirahman Muhumed, yang meninggalkan daerah itu untuk berjuang bagi kelompok Negara Islam, yang juga dikenal sebagai ISIL.

Stasiun itu mengatakan menurut sumbernya, Muhumed tewas dalam pertempuran yang sama dengan Douglas McCain, 33 tahun dari Minneapolis, yang kematiannya di Suriah telah dikonfirmasi oleh Dewan Keamanan Nasional Amerika awal pekan ini.

Laporan-laporan tentang warga Amerika kedua yang tewas di Suriah mulai beredar di berbagai situs media sosial hari Rabu. Dewan Keamanan Nasional Rabu sore mengatakan tahu tentang laporan itu, tapi belum dalam posisi untuk mengatakan apakah laporan-laporan itu benar.

Minneapolis, terletak di negara bagian Minnesota, adalah tempat bermukim bagi komunitas besar keturunan Somalia. Puluhan pemuda telah meninggalkan komunitas itu untuk berperang di Suriah karena radikalisme Islam.

Sebelumnya, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Caitlin Hayden mengukuhkan Selasa (26/8) tewasnya seorang warga Amerika, Douglas McCain, dan mengatakan pemerintah meneruskan usaha untuk “menghentikan dan membuat perorangan enggan pergi ke luar negeri untuk jihad dengan kekerasan.”

Sementara itu, ibu seorang wartawan Amerika yang sedang ditahan militan ISIS telah menghimbau kepada pemimpin kelompok itu agar membebaskan puteranya Steven.

Dalam video yang dirilis hari Rabu, Shirley Sotlof mengatakan Steven adalah seorang “pria yang terhormat” yang tidak patut dihukum karena tindakan pemerintah Amerika.

XS
SM
MD
LG