Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Akan Ajukan Peningkatan Pagu Hutang


Simbol Gedung Putih Washington DC (Foto: dok).

Simbol Gedung Putih Washington DC (Foto: dok).

Para pejabat Departemen Keuangan Amerika mengatakan Gedung Putih berencana meminta Kongres menaikkan 1,2 triliun dolar pagu hutang negara agar Amerika Serikat dapat membayar rekening pada waktunya.

Para pejabat Keuangan mengatakan hari Selasa bahwa Gedung Putih akan mengajukan permohonan itu sebelum akhir pekan ini. Peningkatan itu diperlukan karena batas yang sekarang hanya tinggal 100 milyar dolar pada waktu permohonan diajukan.

Batas hutang pemerintah Amerika untuk membiatai operasinya sekarang adalah 15,2 triliun dolar dan akan meningkat hingga 16,4 triliun dolar dengan permohonan itu.

Sebagai bagian dari persetujuan untuk mengakhiri pertikaian politik atas pagu hutang sebelumnya tahun ini, batas tersebut akan dinaikkan kecuali kalau kedua majelis Kongres menyepakati rancangan yang menghambatnya.

Tahun ini, badan penilai kelayakan kredit Standard & Poors menurunkan kelayakan kredit Amerika Serikat untuk pertama kalinya dalam sejarah, dari peringkat teratas AAA atau AA+. Penurunan itu disertai laporan Standard & Poor yang mengecam tingkat hutang Amerika, perselisihan politik dan peningkatan pagu hutang.

XS
SM
MD
LG