Tautan-tautan Akses

Gedung Partai Baath di Damascus Dilempar Granat


Para pengunjuk rasa anti-Presiden Bashar al_Assad melakukan kirab setelah ibadah Jum'at di Kafranbel dekat Adln (18/11).

Para pengunjuk rasa anti-Presiden Bashar al_Assad melakukan kirab setelah ibadah Jum'at di Kafranbel dekat Adln (18/11).

Serangan granat ini terjadi beberapa jam setelah tenggat waktu yang ditetapkan oleh Liga Arab untuk Suriah agar mengakhiri pertumpahan darah.

Sejumlah aktivis Suriah mengatakan granat berpeluncur roket menghantam sebuah gedung Partai Baath yang berkuasa di Damaskus hari Minggu, sementara Presiden Bashar al-Assad berjanji dia tidak akan tunduk pada tekanan internasional untuk mengendorkan tindakan kerasnya terhadap para pembangkang.

Jaringan aktivis Komite Koordinasi Lokal dan sejumlah penduduk melaporkan banyak ledakan hari Minggu di pusat ibukota Suriah. Mereka mengatakan truk-truk pemadam kebakaran menuju ke daerah itu di tengah kehadiran banyak polisi. Belum ada verifikasi langsung mengenai laporan itu, dan saksi mata lainnya tidak melihat ada tanda-tanda kerusakan.

Jika benar, itu merupakan serangan pertama di ibukota Suriah sejak pergolakan anti-pemerintah dimulai bulan Maret. Serangan itu dilaporkan terjadi beberapa jam setelah tenggat yang diterapkan Liga Arab terhadap Damaskus untuk mengakhiri pertumpahan darah, telah lewat.

Pada hari yang sama, Assad mengatakan kepada harian Inggris The Times bahwa Suriah akan mengadakan pemilu parlemen pada bulan Februari atau Maret untuk membuat konstitusi baru. Tetapi presiden Assad bersumpah untuk melanjutkan operasi keamanan melawan militan yang katanya membantai warga Suriah setiap hari.

Para aktivis juga mengatakan paling sedikit 9 orang tewas oleh pasukan keamanan di seluruh negara itu.

Selain itu, Liga Arab menolak permohonan Suriah untuk mengubah rencana yang hendak mengakhiri krisis negara itu yang mendalam. Berdasarkan rencana itu, organisasi yang berbasis di Kairo itu hendak mengirim misi pemantau beranggotakan 500 orang ke Suriah untuk memeriksa keadaan. Liga Arab mengatakan perubahan itu tidak dapat diterima karena akan mengubah dasar rencana tersebut.

Kantor berita Reuter mengutip Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moallem mengatakan rencana itu sebagaimana adanya sekarang memperlemah kedaulatan negara, tetapi Damaskus tidak menolak misi tersebut.

Kantor berita Mesir, MENA, melaporkan hari Minggu bahwa Liga Arab yang beranggotakan 22 negara itu akan bertemu lagi hari Kamis untuk membicarakan krisis Suriah. Liga Arab telah menskors keanggotaan Suriah sebelumnya bulan ini.

XS
SM
MD
LG