Tautan-tautan Akses

Gates: Warga AS Bosan Perang Satu Dasawarsa di Afghanistan


Menteri Pertahanan AS, Robert Gates

Menteri Pertahanan AS, Robert Gates

Ada peningkatan ketidakpuasan masyarakat AS dengan perang Afghanistan, karena banyaknya jumlah korban dan besarnya biaya perang.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengakui keprihatinan rakyat Amerika mengenai perang di Afghanistan dan mengatakan rakyat Amerika “sudah bosan dengan perang selama satu dekade”.

Gates hari Selasa berbicara di Washington sehari sebelum Presiden Barack Obama diperkirakan mengumumkan rencananya menarik mundur pasukan Amerika dari Afghanistan.

Gates mengatakan presiden Obama harus mempertimbangkan keadaan di dalam negeri baik dalam Kongres maupun diantara rakyat Amerika dan juga kondisi di Afghanistan.

Pejabat senior mengatakan Obama akan menetapkan rencana memulangkan sebagian dari 100 ribu tentara Amerika mulai bulan Juli dan penarikan pasukan di masa mendatang supaya Afghanistan bisa mengurus sendiri keamanan mereka menjelang 2014.

Ada peningkatan ketidakpuasan masyarakat Amerika dengan perang Afghanistan itu karena banyaknya jumlah korban Amerika dan dampak biaya perang itu terhadap perekonomian Amerika.

Gates mengatakan ada “banyak keberatan” di Kongres mengenai perang itu dan tingkat keterlibatan Amerika.

XS
SM
MD
LG