Tautan-tautan Akses

Garda Revolusioner Iran Bantah Tembak Jatuh Pesawat AS


Para anggota pasukan pengawal revolusi Iran melakukan parade bersenjata (foto: dok.).

Para anggota pasukan pengawal revolusi Iran melakukan parade bersenjata (foto: dok.).

Sebelumnya, seorang anggota parlemen Iran mengatakan satuan militer elite Iran menembak jatuh pesawat mata-mata tak berawak AS.

Pengawal Revolusioner Iran telah membantah laporan dari media pemerintah sebelumnya pekan ini bahwa Pengawal Revolusioner telah menembak jatuh pesawat mata-mata Amerika yang tidak berawak.

Namun, Pengawal mengatakan dalam pernyataan hari Jumat bahwa pertahanan udaranya menembak jatuh sasaran percobaan yang terbang di atas lokasi pengolahan uranium.

Pernyataan pengawal itu bertentangan dengan klaim seorang anggota parlemen Iran yang mengatakan satuan militer elite negara itu menembak jatuh sebuah pesawat Amerika ketika pesawat itu berusaha mengumpulkan informasi mengenai program nuklir Iran.

Acara televisi pemerintah Iran “Klub Wartawan Pemuda” hari Rabu mengutip anggota parlemen Ali Aghazedah Dafsari mengatakan pesawat itu terbang dekat lokasi Fordu sekitar kota suci Qom. Laporan itu tidak mengatakan Pengawal Revolusioner menembak jatuh pesawat itu.

Pejabat militer dan intelijens Amerika mengatakan kepada VOA hari Rabu bahwa Amerika membantah klaim tersebut dan tidak kehilangan pesawat tak-berawak.

XS
SM
MD
LG