Tautan-tautan Akses

Gambar Satelit Tunjukkan Persiapan Peluncuran Roket Korut


Gambar foto Roket Korea Utara yang direncanakan akan diluncurkan pekan ini (Foto: dok)

Gambar foto Roket Korea Utara yang direncanakan akan diluncurkan pekan ini (Foto: dok)

Gambar-gambar satelit baru menunjukkan tanda-tanda peningkatan persiapan peluncuran di tempat peluncuran roket Korea Utara.

Institut Amerika-Korea di Perguruan Tinggi Penelitian Internasional John Hopkins mengatakan hari Minggu bahwa foto-foto satelit yang diambil Rabu lalu menunjukkan gerbong radar yang dapat berpindah-pindah, yang sebelumnya tidak ada di tempat baru Tongchang dan deretan yang nampak seperti tempat penampungan tangki bahan bakar dan oxidizer yang masih kosong.

Institut itu mengatakan foto-foto juga menunjukkan apa yang tampaknya kegiatan dekat gedung perakitan peluncur, yang mengindikasikan keberadaan roket Unha-3.

Pyongyang mengatakan peluncuran itu akan menempatkan satu satelit yang mempunyai fungsi tertentu di orbit sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-100 mendiang pemimpin Kim Il Sung, pendiri negara komunis itu yang juga kakek Kim Jong Un. Peluncuran roket ini dipandang Washington sebagai kedok untuk percobaan misil jarak-jauh.

Amerika, Rusia, Korea Selatan dan Jepang semuanya telah mengecam rencana peluncuran itu. Bahkan sekutu lama Pyongyang, Tiongkok, telah menyatakan kekecewaan, sementara Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan ia sangat prihatin terhadap rencana Korut tersebut.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG