Tautan-tautan Akses

Gambar Satelit Tunjukkan Kemajuan di Sarana Nuklir Korut


Gambar lokasi fasilitas nuklir Korea Utara yang diambil dari satelit ISIS (foto: dok).

Gambar lokasi fasilitas nuklir Korea Utara yang diambil dari satelit ISIS (foto: dok).

Gambar-gambar satelit yang dikeluarkan oleh organisasi swasta yang berbasis di Washington menunjukkan bahwa Korea Utara telah mencapai kemajuan dalam pembangunan reaktor di kompleks nuklir utama Yongbyon, sebelah utara ibukota Pyongyang.

Gambar-gambar tempat nuklir tanggal 3 Februari itu, yang dikeluarkan oleh Institut Ilmu dan Keamanan Internasional, ISIS, menunjukkan bahwa bangunan turbin reaktor yang luarnya tampak sudah selesai, sangat berbeda dengan gambar-gambar tempat itu tanggal 20 September yang menunjukkan pembangunan masih berjalan.

Seorang analis dari ISIS mengatakan gambar-gambar itu menunjukkan kubah reaktor belum dipasang, yang berarti reaktor belum beroperasi.

Gambar-gambar itu diambil kurang dari sebulan sebelum Korea Utara setuju menghentikan percobaan senjata nuklir dan misil balistik jarak jauh, serta menghentikan kegiatan nuklir lain, termasuk kegiatan pengolahan uranium di Yongbyon sebagai imbalan bantuan pangan.

Persetujuan itu dicapai setelah pembicaraan bulan Februari di Beijing antara pejabat Amerika dan Korea Utara, hanya dua bulan setelah meninggalnya pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Il.

XS
SM
MD
LG