Tautan-tautan Akses

Gambar Satelit Tunjukkan Iran Bersihkan Sarana Nuklir Militer


Salah satu fasilitas pengayaan uranium Iran di Isfahan, 410 kilometer sebelah selatan Teheran (foto: dok).

Salah satu fasilitas pengayaan uranium Iran di Isfahan, 410 kilometer sebelah selatan Teheran (foto: dok).

Gambar-gambar satelit yang diperiksa Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menunjukkan truk-truk dan traktor di sebuah sarana militer Iran.

Para diplomat Barat mengatakan gambar-gambar satelit yang diperiksa oleh Badan Energi Atom Internasional menunjukkan truk-truk dan traktor di sebuah sarana militer Iran, memberi indikasi lebih jauh bahwa Iran mungkin sedang berusaha membersihkan sarana Parchin, sebelah tenggara Teheran, sebelum mengizinkan inspeksi oleh tim pengawas nuklir PBB.

Para diplomat, yang semuanya meminta agar namanya tidak disebut, mengatakan mereka mencurigai usaha pembersihan karena beberapa kendaraan di tempat itu tampaknya truk pengangkut dan peralatan lain yang cocok untuk mengangkut tanah yang kemungkinan telah tercemar dari tempat itu.

Para pakar nuklir dari IAEA sudah mengetahui Parchin sebagai tempat yang dicurigai untuk menguji-coba senjata nuklir.

Gambar-gambar itu, yang disediakan oleh negara-negara anggota kepada IAEA adalah baru dan terus diperbaharui.

Iran membantah tuduhan negara itu berusaha membuat senjata nuklir dan mengatakan kegiatan nuklirnya dimaksudkan sama sekali untuk membangkit tenaga listrik atau untuk tujuan penelitian.

Para diplomat mengatakan demikian menjelang pertemuan dewan IAEA hari ini untuk membahas pembangkangan Iran terhadap tuntutan Dewan Keamanan PBB agar Iran menghentikan pengolahan uranium dan menghilangkan hal-hal yang menimbulkan kecurigaan lain bahwa Iran kemungkinan sedang berusaha memperoleh senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG