Tautan-tautan Akses

AS

Gaji Eksekutif Perusahaan AS Naik


Direktur perusahaan teknologi komputer Oracle, Larry Ellison, mendapat gaji tertinggi di AS yaitu hampir 77 juta dollar (foto: dok).

Direktur perusahaan teknologi komputer Oracle, Larry Ellison, mendapat gaji tertinggi di AS yaitu hampir 77 juta dollar (foto: dok).

Gaji tinggi para pejabat di perusahaan-perusahaan Amerika naik lagi, dan artinya kesenjangan pendapatan dengan warga Amerika pada umumnya juga semakin besar.

Sejumlah kajian terbaru minggu ini memiliki rincian yang beragam, tetapi semuanya menunjukkan para eksekutif bisnis Amerika mendapat gaji puluhan juta dollar per tahun.

Direktur perusahaan teknologi komputer Oracle, Larry Ellison, mendapat gaji tertinggi tahun lalu yaitu hampir 77 juta dollar.

Sebuah kajian oleh kantor berita AP dan lembaga riset gaji eksekutif Equilar menunjukkan gaji rata-rata para direktur di 500 perusahaan terkenal memecahkan rekor yaitu 10,5 juta dollar tahun 2013. Harian Wall Street Journal mengatakan surveinya atas para pimpinan di 300 perusahaan besar menunjukkan gaji rata-rata 11,4 juta dollar.

Semasa resesi tahun 2008-2009 di Amerika, gaji para direktur itu turun tetapi telah naik lagi dalam empat tahun terakhir berturut-turut.

Survei AP itu mengatakan CEO umumnya mendapat gaji 257 kali lebih besar dari seorang pegawai biasa – naik dari 181 kali tahun 2009.
XS
SM
MD
LG