Tautan-tautan Akses

AS

Gajah Tampil Terakhir Kalinya dalam Sirkus Ringling Bros.


Gajah-gajah Asia tampil terakhir kalinya di sirkus Ringling Brothers and Barnum & Bailey (1/5) di Providence, Rhode Island di Amerika Serikat. (AP/Bill Sikes)

Gajah-gajah Asia tampil terakhir kalinya di sirkus Ringling Brothers and Barnum & Bailey (1/5) di Providence, Rhode Island di Amerika Serikat. (AP/Bill Sikes)

Gajah-gajah itu akan ditempatkan di Pusat Konservasi Gajah Ringling Brothers seluas 80 hektar di negara bagian Florida.

Untuk terakhir kalinya, gajah-gajah ditampilkan dalam Sirkus Ringling Brothers dan Barnum & Bailey, yang disebut-sebut sebagai “The Greatest Show on Earth (Pertunjukan Terhebat di Muka Bumi).”

Seekor gajah Asia membawa seorang pemain yang memegang bendera Amerika memulai pertunjukan gajah terakhir hari Minggu di sebuah arena di kota Providence, Rhode Island. Ini mengakhiri tradisi yang telah menghibur penonton sejak sirkus dimulai di AS dua abad lalu, tetapi dalam beberapa tahun ini ditentang oleh para aktivis hak-hak hewan.

Gajah-gajah itu akan ditempatkan di Pusat Konservasi Gajah Ringling Brothers seluas 80 hektar di negara bagian Florida. Alana Feld, wakil presiden eksekutif Feld Entertainment, yang memiliki sirkus itu mengatakan, pusat itu memiliki 40 gajah Asia, yang terbesar di Amerika Utara.

Pertunjukan terakhir itu disiarkan langsung lewat Facebook dan laman sirkus itu.

Gajah telah digunakan dalam sirkus-sirkus di Amerika selama lebih dari 200 tahun.

Lembaga Humane Society mengatakan puluhan sirkus di AS masih menggunakan gajah, tetapi tidak ada yang melakukan tur sebanyak atau sepopuler Ringling Bros.

Kini juga semakin sulit bagi sirkus-sirkus untuk menjalankan tur dengan gajah. Puluhan kota melarang penggunaan bullhook, tongkat berujung tajam yang digunakan untuk melatih gajah. Sebagian negara bagian AS lain juga mempertimbangkan aturan semacam itu. [vm]

XS
SM
MD
LG