Tautan-tautan Akses

Gagal, Usaha Desak China Dukung Sanksi Terhadap Korea Utara


Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kanan) dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di Beijing, China (27/1).

Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kanan) dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di Beijing, China (27/1).

Tanpa dukungan China, yang selama ini menjadi penyedia bantuan minyak dan ekonomi bagi Korea Utara, dan merupakan mitra dagang utama, larangan itu akan sulit diberlakukan.

Amerika Serikat dan Korea Selatan sejauh ini belum berhasil membujuk China untuk mendukung sanksi-sanksi yang menghukum Korea Utara karena melanjutkan program nuklirnya yang dilarang PBB.

Setelah bertemu di Beijing, Rabu, dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan, kedua negara telah membuat kemajuan dalam isu-isu seperti perubahan iklim, namun masih belum mencapai kesepakatan mengenai bagaimana mengatasi persoalan dengan Korea Utara.

AS dikabarkan mengusulkan sanksi internasional lebih keras yang melarang ekspor minyak ke Korea Utara dan impor mineral dari negara yang mengucilkan diri itu. Tanpa dukungan China, yang selama ini menjadi penyedia bantuan minyak dan ekonomi bagi Korea Utara, dan merupakan mitra dagang utama, larangan itu akan sulit diberlakukan.

China telah mengungkapkan tentangan keras terhadap uji coba nuklir keempat Korea Utara yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB, namun selama ini ragu memberlakukan tindakan menghukum yang bisa menimbullkan kesulitan dan ketidakstabilan di kawasan perbatasan kedua negara. [ab]

XS
SM
MD
LG