Tautan-tautan Akses

'Gadis Afghan' yang jadi Ikon Majalah Dirawat di Rumah Sakit


Sharbat Gulla, “gadis Afghan” yang menjadi ikon majalah National Geographic (foto: ilustrasi).

Sharbat Gulla, “gadis Afghan” yang menjadi ikon majalah National Geographic (foto: ilustrasi).

“Gadis Afghan” Sharbat Gulla, telah dirawat di rumah sakit di Pakistan untuk mendapat perawatan medis yang tidak disebutkan.

“Gadis Afghan” atau Afghan Girl yang menjadi ikon majalah National Geographic, Sharbat Gulla, telah dirawat di rumah sakit untuk mendapat perawatan medis yang tidak disebutkan sementara ia masih tetap dalam tahanan polisi di Pakistan, kata para pejabat hari Kamis (3/11).

“Afghan Girl” adalah judul foto yang diambil pada tahun 1984 oleh jurnalis Steve McCurry dan menghiasi sampul majalah National Geographic edisi Juni 1985.

Polisi menangkap Gulla yang berusia 46 tahun pekan lalu di kediamannya di kota Peshawar atas tuduhan secara curang mendapatkan kartu identitas nasional Pakistan untuknya dan kedua putranya.

Penangkapan Gulla telah membuat berang para aktivis HAM dan kelompok masyarakat madani di Pakistan, sementara pihak berwenang di Afghanistan mengritiknya sebagai bagian dari kampanye pelecehan yang terus berlangsung dalam upaya memaksa pengungsi Afghanistan meninggalkan negara itu. Akan tetapi pemerintah Pakistan membela keputusan mereka dan bersikukuh bahwa Gulla telah melanggar hukum.

“Ms. Gulla telah mendapat perawatan yang memadai di rumah sakit,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Nafees Zakaria hari Kamis.

“Saya tekankan bahwa tidak ada tindakan kejam terhadapnya. Kasus ini akan diproses sesuai hukum, dan hasilnya akan muncul dalam waktu dekat.”

Mereka yang kedapatan memiliki kartu identitas parga Pakistan secara illegal itu diancam hukuman 14 tahun penjara dan denda hingga 5.000 dolar jika terbukti bersalah. [uh]

XS
SM
MD
LG