Tautan-tautan Akses

Gaddafi Himbau Pendukungnya Berjuang Lawan Pemberontak


Para pendukung Gaddafi melakukan unjuk rasa sambil membawa poster pemimpin Libya di Tripoli (foto: dok.).

Para pendukung Gaddafi melakukan unjuk rasa sambil membawa poster pemimpin Libya di Tripoli (foto: dok.).

Pernyataanya Gaddafi itu disiarkan melalui TV pemerintah hari Sabtu dalam himbauan kepada pendukungnya di kota Ziwiyah, Libya barat.

Pemimpin Libya Moammar Gaddafi menghimbau pendukungnya untuk bergerak ke kota yang dikuasai pemberontak yaitu Benghazi dan bandar minyak Brega.

Pernyataanya itu disiarkan TV pemerintah hari Sabtu dalam apa yang digambarkan sebagai himbauan kepada pendukungnya di kota Ziwiyah di bagian barat.

Sementara itu, kelompok pemberontak hari Sabtu mengatakan ranjau-ranjau darat dan gempuran bom oleh pasukan pro-pemerintah memperlambat upaya mereka maju ke Brega.

Pekerja-pekerja medis dan pemberontak mengatakan setidaknya 10 pejuang tewas sejak mereka melancarkan upaya untuk mengambil kendali kota di timur itu hari Jumat.

Kemunduran yang dialami pemberontak di Brega terjadi sehari setelah pihak oposisi pemerintah mendapat dorongan diplomatik dalam pertemuan the International Contact Group di Turki.

Ke-30 negara yang menghadiri pertemuan itu mengakui pihak oposisi Libya, Dewan Transisi Nasional, sebagai pihak berwenang sah negara di Afrika Utara tersebut. Amerika termasuk yang secara formal mengakui grup itu, meskipun beberapa negara besar sebelumnya sudah memberi pengakuan resmi.

XS
SM
MD
LG