Tautan-tautan Akses

Gaddafi Bebaskan Wartawan dan Fotografer AFP


Foto hasil jepretan fotografer AFP Roberto Schmidt sebelum ditahan pasukan pemerintah Libya.

Foto hasil jepretan fotografer AFP Roberto Schmidt sebelum ditahan pasukan pemerintah Libya.

Wartawan AFP Dave Clark, fotografer Roberto Schmidt dan fotografer Getty Images, Joe Reedle, dibebaskan di Tripoli, Rabu pagi.

Kantor berita Perancis (AFP) mengatakan pasukan pemimpin Libya Moammar Gaddafi telah membebaskan seorang wartawan dan dua fotografernya.

AFP mengatakan wartawan Dave Clark, fotografer Roberto Schmidt dan fotografer Getty Images, Joe Reedle, dibebaskan di ibukota Libya, Tripoli, Rabu pagi.

Ketiga wartawan menghilang setelah mengirim email, Jumat malam, yang mengatakan mereka sedang menuju satu daerah 35 kilometer di luar kota Tobruk, Libya Timur, untuk melaporkan pertempuran antara pasukan pro-Gaddafi dan pemberontak.

Kantor Berita Perancis mengutip sopir para wartawan tersebut mengatakan mereka ditangkap oleh tentara yang setia kepada Gaddafi. AFP melaporkan bahwa seorang juru bicara Gaddafi mengatakan Gaddafi telah memerintahkan pembebasan para wartawan tersebut setelah menerima himbauan dari Direktur AFP Emmanuel Hoog. Kantor berita ini mengutip Hoog menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Libya atas kecepatannya membebaskan para wartawan AFP.

Sebelumnya, pada hari Senin, pemerintah Libya membebaskan empat wartawan The New York Times, hampir seminggu setelah mereka ditangkap oleh pasukan pro-pemerintah ketika meliput pergolakan di bagian timur Libya.

XS
SM
MD
LG