Tautan-tautan Akses

Gabungan Pasukan Ethiopia, Somalia Rebut Kota yang Dikuasai Al-Shabab


Pemberontak al-Shabab di Somalia kehilangan kontrol atas kota Beledweyne di Somalia tengah.

Pemberontak al-Shabab di Somalia kehilangan kontrol atas kota Beledweyne di Somalia tengah.

Tentara Ethiopia dan pasukan pemerintah telah merebut dan menguasai kota yang diduduki pemberontak di Somalia setelah bertempur melawan militan terkait al Qaida itu.

Para pejabat Somalia mengatakan, pertempuran dimulai Sabtu pagi setelah pasukan Ethiopia dan Somalia menyerang posisi-posisi yang diduduki pejuang al Shabab di pinggiran kota Beledweyne, kira-kira 30 kilometer dari tapal batas Ethiopia.

Seorang penduduk Beledweyne mengatakan kepada Kantor Berita Perancis AFP bahwa 18 orang, sebagian besar militan, tewas dalam pertempuran.

Tetapi al Shabab membantah bahwa kelompok itu kalah dan mengatakan, banyak tentara Ethiopia tewas dalam pertempuran. Kelompok militan mengatakan mereka mempunyai rencana mundur dari Beledweyne setelah pertempuran.

Serangan hari Sabtu terhadap Beledweyne merupakan lokasi ketiga di Somalia di mana kelompok militan mendapat tantangan. Kekuasaan atas kota itu sering pindah tangan dalam bulan-bulan belakangan ini karena berbagai milisi memaksa mengambil alih kekuasaan kota tersebut.

XS
SM
MD
LG