Tautan-tautan Akses

Gabrielle Giffords Tinggalkan Rumah Sakit untuk Hadiri Peluncuran Endeavour


Anggota DPR AS Gabrielle Giffords (kiri), dan suaminya, astronot Mark Kelly (foto: dok.).

Anggota DPR AS Gabrielle Giffords (kiri), dan suaminya, astronot Mark Kelly (foto: dok.).

Mark Kelly, suami anggota DPR AS korban penembakan di Arzona itu, akan memimpin misi pesawat ulang-alik AS, Endeavour.

Anggota DPR Amerika Gabrielle Giffords untuk pertama melakukan perjalanan jauh sejak dirawat di rumah sakit karena luka tembak parah di kepalanya, sewaktu penembakan membabibuta bulan Januari lalu.

Giffords meninggalkan pusat rehabilitasi medis di Houston – Texas selatan hari Rabu, dan terbang ke Florida untuk menghadiri peluncuran pesawat ulang-alik Amerika – Endeavour.

Suaminya, Mark Kelly, memimpin misi pesawat ulang-alik. Endeavour yang dijadwalkan lepas landas dari Cape Canaveral hari Jumat.

Tujuan utama misi keempat belas hari tersebut adalah untuk mengantarkan partikel detektor canggih ke stasiun antariksa internasional. Para ilmuwan berharap Alpha-Magnetic-Spectrometer tersebut akan membantu mereka mempelajari lebih banyak tentang asal-usul alam semesta.

Gabrielle Giffords, anggota DPR dari Partai Demokrat dari Arizona, tertembak di kepalanya tanggal 8 Januari selagi ia bertemu dengan konstituennya di luar sebuah toko serba ada di kota Tucson. Enam orang tewas dalam tembak-menembak tersebut, sementara Giffords dan 12 orang lainnya terluka.

Sejak saat itu para dokter dan suaminya mengatakan ia telah membuat kemajuan luar biasa dengan bantuan terapi, dan berjalan, berbicara serta bertemu dengan teman-teman dan rekan sejawatnya.

Tersangka pelaku penembakan Jared Loughner telah didakwa dengan 49 pasal kejahatan – termasuk membunuh dan upaya pembunuhan. Jika terbukti bersalah ia diancam dengan hukuman mati.

XS
SM
MD
LG