Tautan-tautan Akses

G8 Imbau Secepatnya Pembicaraan Damai Suriah


Para pemimpin G8 dalam KTT dua hari mereka di Irlandia Utara (18/6).

Para pemimpin G8 dalam KTT dua hari mereka di Irlandia Utara (18/6).

Para pemimpin G8 mengakhiri KTT dua hari mereka di Irlandia Utara dengan mengatakan pembicaraan damai itu harus dilakukan secepatnya.

Para pemimpin negara-negara G8 mengimbau diakhirinya dengan perundingan perang saudara di Suriah, tetapi mereka tidak sampai menuntut penyingkiran Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Para pemimpin G8 mengakhiri KTT dua hari mereka di Irlandia Utara dengan mengatakan pembicaraan damai itu harus dilakukan secepatnya. Mereka mengatakan negosiasi itu harus menghasilkan pemerintahan Suriah yang dipimpin oleh “kepemimpinan tinggi yang mengilhami kepercayaan publik.”

Para pemimpin Barat, termasuk Presiden Amerika Barack Obama, mengimbau diakhirinya rezim Assad. Tetapi Presiden Rusia Vladimir Putin, sekutu Suriah, menolak menjadikan hal itu sebagai tujuan spesifik.

Para pemimpin G8 itu juga mengatakan pihak berwenang pajak diseluruh dunia sebaiknya berbagi informasi “guna memerangi momok penghindaran pajak,” dan sepakat untuk tidak lagi membayar uang tebusan kepada teroris yang menahan sandera-sandera.
XS
SM
MD
LG