Tautan-tautan Akses

G20 Rencanakan Pertumbuhan Ekonomi Global Baru


Kota Istanbul, Turki menjadi tuan rumah pertemuan Menkeu negara-negara G20 (foto: dok).

Kota Istanbul, Turki menjadi tuan rumah pertemuan Menkeu negara-negara G20 (foto: dok).

Para menteri keuangan dan kepala bank sentral dari negara-negara anggota G20 akan mengadakan pertemuan dua hari di Istanbul, Turki.

Para menteri keuangan dan kepala bank sentral dari negara-negara anggota G20 berkumpul untuk membahas koordinasi tindakan guna mendorong pertumbuhan ekonomi global.

Keprihatinan menteri-menteri G20 soal ekonomi negara-negara besar yang bergerak dengan kecepatan berbeda dan kebijakan-kebijakan moneter yang menyimpang akan menjadi agenda utama perundingan hari Senin (09/02) dan Selasa (10/2) di Istanbul – Turki itu.

Yang mempengaruhi rencana para menteri keuangan itu adalah tuntutan pemerintah Yunani untuk merestrukturisasi utangnya, rendahnya harga minyak dunia yang mempengaruhi inflasi dan perkiraan pertumbuhan ekonomi, serta penguatan dolar yang mengancam ekonomi negara-negara berkembang.

Wakil Perdana Menteri Turki Ali Babacan hari Minggu (8/2) mengatakan upaya mengatasi pertumbuhan ekonomi yang lambat dan memberi lebih banyak kesempatan pada negara-negara berpendapatan rendah untuk bersuara merupakan beberapa prioritas utama pimpinan KTT G20 di Turki itu.

XS
SM
MD
LG